Selasa, 22 Oktober 2024

Budi Santoso Dilantik Jadi Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Mendag Berpesan Soal Pasar Tradisional Melambat

Latest

- Advertisement -spot_img

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melantik sejumlah Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Perdagangan, di kantor Kementerian Perdagangan, Selasa, 13 Desember 2022.

Beberapa pejabat tinggi yang dilantik yakni Budi Santoso sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Moga Simatupang sebagai Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar, serta Iqbal Shoffan Shofwan sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Taiwan.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 150/TPA Tahun 2022 tertanggal 1 Desember 2022 dan Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 1545 Tahun 2022 tertanggal 12 Desember 2022.

“Kemendag harus solid sebagai satu kesatuan dan bekerja keras menghadapi tantangan perdagangan ke depan,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan di berbagai kesempatan bahwa Indonesia menghadapi situasi yang tidak mudah. Perubahan dunia yang cepat, pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir, perang Rusia-Ukraina yang melahirkan krisis keuangan dan pangan, bahkan beberapa negara mengalami resesi.

Di tengah situasi global tersebut, pada periode Januari-Oktober 2022 Indonesia masih mencatatkan surplus perdagangan sebesar 45,52 miliar dolar AS. Selain itu, kinerja ekonomi Indonesia pada triwulan III-2022 juga tumbuh sebesar 5,72 persen dan inflasi tetap terkendali di kisaran 5,42 persen.

“Kita tidak boleh lengah. Kita harus bekerja ekstra menghadapi pasar tradisional yang melambat. Untuk itu, kita harus mengembangkan pasar baru nontradisional agar ekonomi tetap tumbuh serta surplus perdagangan meningkat dan terjaga. Ini perlu kerja ekstra,” terang Mendag Zulkifli Hasan. ***

- Advertisement -spot_img

More Articles