Kamis, 25 April 2024

Dorong Kreativitas Siswa SD Kelola Sampah Organik, UI Sosialisasi Ternak Maggot

Latest

- Advertisement -spot_img

Universitas Indonesia melalui Direktorat Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat (“DPPM UI”) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mendorong kreativitas siswa sekolah dasar dalam mengelola sampah dengan beternak maggot.

Kegiatan tersebut dilakukan di SD Negeri Muncul 01, Tangerang Selatan. Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Pengelolaan Sampah dengan Beternak Maggot Dr Herdis Herdiansyah dari Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) mengatakan, pengelolaan limbah menjadi masalah global yang mendesak, dan sampah makanan berkontribusi signifikan terhadap polusi lingkungan.

Selain berdampak pada ekologi, dampak pencemaran lingkungan ini juga menimbulkan biaya sosial yang tinggi.

“Sebagai respons terhadap tantangan ini, UI menyelenggarakan program pengabdian masyarakat ini sebagai bagian dari komitmennya untuk mendorong praktik berkelanjutan dan memberdayakan generasi muda untuk berdampak positif pada lingkungan,” ujarnya dalam keterangan yang diterima, Selasa 19 September 2023.

Kegiatan ini melibatkan serangkaian lokakarya interaktif dan kegiatan edukatif yang dirancang untuk mengedukasi anak peserta didik tentang pentingnya pengelolaan sampah dan bagaimana mereka dapat secara kreatif memanfaatkan sampah.

Pemanfaatan sampah makanan salah satunya dapat dilakukan dengan budidaya maggot. Solusi ini harus dilakukan dengan berjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah hingga offtaker maggot, dan produksi dibarengi pemasaran maggot.

Maggot memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan dapat menjadi sumber protein yang sangat baik untuk pakan ternak. Dengan menggunakan sampah makanan untuk budidaya maggot, anak-anak tidak hanya akan belajar tentang pengurangan sampah, tetapi juga berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas peternakan lokal.

Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Klaster Interaksi, Pemberdayaan Masyarakat, dan Lingkungan Sosial Universitas Indonesia dan didukung oleh PT Pertamina (Persero) & PT Bumi Resources Minerals Tbk. ***

More Articles