Selasa, 16 Juli 2024

Tim Sejarah Akpol Berkunjung ke Museum Soesilo Soedarman, Himpun Data dan Informasi

Latest

- Advertisement -spot_img

Kompleks Akademi Kepolisian (AKPOL) di Semarang dibangun pada tahun 1978,  saat Komandan Jenderal AKABRI dijabat oleh Mayjen Soesilo Soedarman dan Gubernur AKABRI Kepolisian Irjen Pol Darjono Wasito. 

Sedang Peresmian Kompleks AKPOL Semarang berlangsung pada 1 Juli 1980 oleh Kapolri Jenderal Pol Awaludin Djamin.  Berbagai foto dan dokumen bersejarah tentang AKABRI Kepolisian, AKPOL serta POLRI secara keseluruhan diabadikan di Museum Soesilo Soedarman, di Desa Gentasari, Cilacap, Jawa Tengah. 

Pada Senin 25 Maret 2024, Tim Penyusunan Sejarah AKPOL dipimpin Kombes Pol Winarto berkunjung ke Museum Soesilo Soedarman guna menghimpun beragam data, informasi dan dokumen tentang sejarah AKPOL dari masa ke masa.  Tim diterima oleh Ibu Enny Sugiarti, Manager Museum Soesilo Soedarman.

Ketua Tim Penyusunan Sejarah AKPOL, Kombes Pol Winarto, menyerahkan Buku Kenangan AKPOL Kepada Ibu Enny Sugiarti, Manager Museum Soesilo Soedarman, Cilacap.

Di Ruang Tribrata Museum Soesilo Soedarman, diabadikan dokumen sejarah pendidikan kepolisian sejak jaman Belanda, tahun 1927 di Sukabumi, Jawa Barat.  Integrasi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), tahun 1965, diikuti dengan integrasi pendidikan perwira ABRI lewat AKABRI, yang diresmikan Presiden Soekarno pada 5 Oktober 1966. 

Almarhum Jenderal Soesilo Soedarman adalah segelintir perwira TNI-AD yang pernah memimpin unsur-unsur POLRI.  Pada tahun 1966, Letkol Soesilo Soedarman bersama perwira  perwira POLRI, antara lain Brigjen Pol. Soemantri Sakimi, Brigjen Pol. Soebroto SH., Kombes Pol. Drs. Tjipto Pranoto, Kombes Pol.Harsono dan Kombes Pol. Drs.Banu Fatakun merealisasikan pembentukan AKABRI dan AKABRI Bagian Kepolisian. 

Ia juga pernah menjabat Komandan Divisi Taruna AKABRI yang membawahkan AKABRI Darat, Laut, Udara dan Kepolisian.  Pada tahun 1978, Danjen AKABRI, Mayjen Soesilo Soedarman merealisasikan arahan Menteri Hankam/Panglima ABRI Jenderal M.vJusuf, untuk memindahkan Ksatrian AKABRI Kepolisian dari Sukabumi ke Semarang. 

Kemudian diperoleh lahan yang luas di wilayah Candi-Semarang dan pembangunan Ksatrian AKABRI Kepolisian dimulai tahun 1978.  Pembangunan  selesai dan diresmikan pada 1 Juli 1980 bersamaan dengan HUT POLRI 1980.  AKABRI Kepolisian lalu berubah nama menjadi Akademi Kepolisian,  menuju World Class Police Academy

Di Museum Soesilo Soedarman juga diabadikan foto Presiden Soeharto menganugerahkan Penghargaan Tertinggi Negara, yaitu Sam Karya Nugraha kepada AKPOL, pada tahun 1986.

_________

Juga diabadikan di Museum berbagai foto dan dokumen pengabdian Almarhum Jenderal Soesilo Soedarman bersama POLRI, seperti saat menjabat Panglima Kowilhan-I/Sumatera-Kalbar 1980-1985, memimpin Polda se-Sumatera dan Kalbar. 

Saat Soesilo Sedarman menjabat Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi, mulai diperkenalkan Polisi Pariwisata dan diterbitkan juga Perangko Perangko yang berkaitan dengan POLRI.  Sedang saat menjabat Menko Polkam, bersama POLRI, berhasil diselesaikan berbagai masalah keamanan dalam negeri, seperti Peristiwa Waduk Nipah, Peristiwa Tragedi Makassar, juga masalah Pungli. ***

More Articles