Senin, 15 Juli 2024

Pengusaha Indonesia Kunjungi Finlandia untuk Perkuat Bisnis Kehutanan, MoU Pemanfaatan Biomassa Ditandatangani

Latest

- Advertisement -spot_img

Sejumlah pelaku usaha Indonesia yang tergabung dalam delegasi Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) dan Kadin Indonesia melakukan kunjungan ke Finlandia untuk memperkuat bisnis kehutanan di tanah air.

Di hari pertama kunjungan, langsung dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Medco Group dengan perusahaan teknologi Finlandia, Valmet Technologies Oy untuk pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) berbasis biomassa hutan di KBRI Helsinki, Senin, 4 September 2023.

Duta Besar Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri menyaksikan penandatanganan yang dilakukan oleh Presiden Direktur Papua Project Medco Group Budi Basuki dan Vice President, Energy Business Unit, Valmet Technologies Oy Aleksi Salmirinne.

Duta Besar Ratu Silvy Gayatri menilai Nota kesepahaman antara Medco dan Valmet merupakan realisasi penting dari MoU antara pemerintah Indonesia dan Finlandia mengenai Kerja Sama di Bidang Energi Berkelanjutan, Bersih, dan Terbarukan serta Efisiensi Energi yang diperpanjang pada April 2022 silam. 

Bahkan, biomassa yang menjadi fokus utama MoU Medco dan Valmet merupakan salah satu prioritas pemerintah kedua negara.

“Kolaborasi antara Medco dan Valmet sangat ideal dan saling melengkapi. Di satu pihak, Indonesia memiliki komitmen untuk melakukan transisi energi hijau, serta di sisi lain, Finlandia memiliki inovasi yang sangat maju di bidang teknologi bersih. Saya percaya proyek ini tidak hanya menguntungkan Indonesia dan Finlandia, tetapi juga dunia,” ujar Dubes Silvy. 

Menyambung Dubes Silvy, Budi Basuki menegaskan misi Papua Project dengan dukungan Valmet , yakni “Brightening the Eastern Part of Indonesia with Biomass Power Plant”.

Setelah berhasil membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik tenaga Biomassa (PLTBm) 3,5 MW, Medco Group akan mengembangkan PLTBm dengan total kapasitas 55 MW. Biomassa yang digunakan bersumber dari material wood chips. Penggunaan biomassa ini diproyeksikan dapat mengurangi penggunaan minyak diesel hingga 27,5 juta liter dalam lima tahun. 

Bauran energi sebesar 15% dari PLTBm Papua Project merupakan awal yang menjanjikan untuk mendukung target pemerintah Indonesia untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil, yaitu 23% energi baru terbarukan pada tahun 2025 dan 31% pada 2050.

Presiden Direktur Papua Project Medco Group Budi Basuki menjelaskan misi Papua Project dengan dukungan Valmet , yakni “Brightening the Eastern Part of Indonesia with Biomass Power Plant”.

Sementara Valmet akan menyediakan solusi efisiensi energi melalui teknologi biopower modul. Modul dari Valmet dapat beroperasi di tempat yang sama dengan pembangkit tenaga diesel, tidak membutuhkan infrastruktur tambahan untuk transmisi listrik, tidak terpengaruh musim atau cuaca, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan lokal dalam rantai pasok. 

Sementara itu Ketua Umum APHI Indroyono Soesilo menjelaskan  kunjungan ke Finlandia merupakan tindak lanjut dari beberapa pertemuan sebelumnya antara pengusaha Indonesia-Finlandia yang didukung pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan pemerintah Finlandia melalui Business Finland.

Finlandia dikenal sebagai negara yang mampu mengoptimalkan potensi sumber daya hutan secara berkelanjutan. Saat ini sektor kehutanan di Finlandia bergerak maju dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi.  

Kunjungan  delegasi pengusaha Indonesia yang dijadwalkan berlangsung pada 4-9 September 2023. Delegasi akan melihat cara pengelolaan hutan dari hulu-hilir dengan memanfaatkan teknologi informasi. 

Selain itu, delegasi Indonesia juga akan mengunjungi  Silva Forest Exhibition, sebuah pameran rutin yang memperlihatkan industri kehutanan, perusahaan, pelayanan, dan produk terbaru kehutanan Finlandia. ***

More Articles