Kamis, 25 April 2024

Meski Hadapi Tantangan Ekspor, Industri Kayu dan Furnitur Terus Ekspansi

Latest

- Advertisement -spot_img

Kementerian Perindustrian memaparkan meski sedang menghadapi tantangan di pasar ekspor, namun Indeks Kepercayaan Industri (IKI) untuk industri kayu dan furnitur mengalami kenaikan usai pandemi.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika dalam keterangannya menuturkan meskipun industri kayu dan furnitur mengalami kontraksi, tetapi keduanya mengalami kenaikan nilai IKI.

“Sebagian besar adalah produk ekspor dengan didominasi negara tujuan Amerika dan Eropa yang pertumbuhan ekonominya sedang melambat. Berkaitan dengan hal itu, importir masih bersikap wait and see,” jelasnya dikutip Jumat 3 Maret 2023.

Hal ini sesuai dengan analisis IKI, yang menunjukkan 78 persen perusahaan menyatakan pesanan barunya menurun karena faktor pesanan luar negeri dan 37 persen karena pesanan domestik.

Selain itu, faktor kesulitan bahan baku, khususnya kayu besar dan rotan yang semakin berkurang dan langka juga menjadi kendala pengembangan subsektor industri ini.

“Karena itu, kami mendorong diversifikasi negara tujuan ekspor furnitur, di antaranya ke India, Timur Tengah, China, serta ASEAN. Dengan peralihan tujuan ekspor, pemerintah juga mendorong pasar dalam negeri dengan memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri, baik untuk perkantoran maupun sekolah,” ujar Putu. ***

More Articles