Kamis, 25 April 2024

KLHK-USU Kerja Sama Pengelolaan LHK, Seperti Apa?

Latest

- Advertisement -spot_img

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Universitas Sumatera Utara (USU) sepakat menjalin kerja sama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta, Jumat, 22 Juli 2022.

Penandatanganan MoU tentang Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini, dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian LHK Bambang Hendroyono dan Rektor USU Muryanto Amin.

“MoU atau Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas para pihak dalam pelaksanaan Program Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ujar Bambang usai penandatanganan MoU.

Adapun ruang lingkup MoU ini yaitu pendidikan dan pengajaran dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan; pengkajian, publikasi, dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan; dan sosialisasi dan penyuluhan sebagai bagian dari pengabdian pada masyarakat dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Selain itu kerja sama itu juga untuk peningkatan kapasitas dan dukungan Sumber Daya Manusia termasuk implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka; dan berbagi pakai data dan informasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan kebijakan yang berlaku.

“Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi terkait MoU ini kepada unit kerja lingkup Kementerian LHK agar bisa menindaklanjutinya dengan Perjanjian Kerjasama yang lebih teknis maupun kegiatan-kegiatan lain yang mendukung capaian kinerja lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Bambang.

Sebelumnya, Kementerian LHK juga telah memiliki Nota Kesepahaman dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, Universitas Nusa Cendana, dan lain-lain. ***

More Articles