Kamis, 25 April 2024

IDSurvey-Bursa Efek Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis untuk Perdagangan Karbon, Menteri BUMN Beri Tanggapan

Latest

- Advertisement -spot_img

Holding BUMN jasa survey IDSurvey dan Bursa Eefek Indonesia (BEI) menjalin kerja sama strategis untuk perdagangan karbon.

Hal ini mendapat respons positif dari Menteri BUMN Erick Thohir.

“Saya apresiasi kesungguhan IDSurvey dalam menggarap isu karbon ini. Nota kesepahaman yang akan ditandatangani antara IDSurvey dan BEI ini lebih kepada bagaimana kita mulai mereaktifkan yang namanya perdagangan karbon,” ujar Erick Thohir dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.

Menurut dia pemerintah sendiri sudah memiliki tools di bawah OJK tentang karbon. Bursa sudah menjadi bagian sistem, dan IDSurvey sebagai bagian sertifikasinya.

Dia menekankan bahwa konsolidasi di BUMN bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap ekonomi nasional sekaligus bisnis energi baru terbarukan yang berkelanjutan.

“Konsolidasi dalam energi baru terbarukan atau renewable energy ini sangat penting, karena memiliki potensi yang sangat besar; (BUMN) sangat berpotensi jadi global player. Dengan ini, BUMN menunjukkan punya peran dalam fundamental ekonomi nasional. Persaingan global harus kita hadapi dan kita menangi,” katanya.

IDSurvey sebagai brand identity dari holding BUMN Jasa Survey yang dipimpin oleh PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI memperoleh penunjukan dari Kementerian BUMN RI melalui SE-6/MBU/12/2022 tentang Pelaksanaan Program Dekarbonisasi dan Penyelenggaraan Nilai
Ekonomi Karbon di BUMN untuk Mendukung Pencapaian Target Kontribusi Nasional dan Pengendalian Emisi Rumah Kaca.

Sebagai induk holding dari IDSurvey, BKI melakukan kerja sama strategis dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai langkah implementasi nilai ekonomi karbon.

Direktur Utama IDSurvey Arisudono Soerono mengatakan, IDSurvey atas arahan Menteri BUMN telah menetapkan salah satu fokus kepada pengembangan layanan dekarbonisasi dengan tujuan agar IDSurvey mampu hadir untuk Indonesia dalam pencapaian target net zero emissions (NZE) tahun 2060 atau lebih cepat.

IDSurvey menyadari bahwa untuk menyukseskan program dekarbonisasi ini, klien membutuhkan sarana agar dapat monetisasi semua upaya dekarbonisasi. Dalam hal ini, Bursa Efek Indonesia sebagai penerima mandat penyelenggara perdagangan karbon dari Otoritas Jasa Keuangan, berperan penting dalam menyukseskan upaya monetisasi ini.


Di sisi lain, atas prakarsa Wakil Menteri BUMN 1 Pahala Nugraha Mansury delapan BUMN telah menandatangani Letter of Intent (LOI) untuk memulai uji coba perdagangan karbon di Badan Usaha Milik Negara pada pertengahan 2022 lalu.

“IDSurvey sebagai fasilitator perdagangan karbon dan tujuh BUMN lainnya sebagai potential seller dan buyer, yaitu: Pertamina, PLN, MindID, Semen Indonesia, Pupuk Indonesia, PTPN dan Perhutani, di mana tujuh BUMN ini diestimasi merepresentasikan 36 persen dari seluruh emisi GRK BUMN sebesar 239 juta ton CO2 equivalent, dengan potensi pengurangan emisi sebesar 38 persen atau 90 juta ton CO2 equivalent per tahun. Pengurangan emisi dari ketujuh BUMN diperkirakan dapat mengkontribusikan, kurang lebih 10 persen dari total estimasi kontribusi target nationally determined contribution (NDC) Indonesia tahun 2030,” kata Arisudono.

Melanjutkan komitmen kontribusi terhadap pilot project perdagangan karbon, IDSurvey dan BEI diharapkan menjalin kerja sama strategis yang bertujuan untuk mengintegrasikan sedari awal layanan dekarbonisasi IDSurvey dengan ekosistem perdagangan karbon yang saat ini sedang secara serius dikembangkan di Indonesia, dan salah satunya adalah oleh Bursa Efek Indonesia.

Kemitraan strategis antara IDSurvey dan BEI akan mempercepat pelaku usaha dalam mendapatkan keekonomian nilai karbon, sekaligus turut mendukung aspirasi Bursa Efek Indonesia untuk menjadi tuan rumah perdagangan karbon di negeri sendiri. ***

More Articles