Senin, 15 Juli 2024

Data Penutupan Hutan Indonesia Tahun 2022, Luas Daratan Berhutan Capai 51,2 Persen

Latest

- Advertisement -spot_img

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merilis data terbaru penutupan hutan Indonesia. Berdasarkan data tersebut luas daratan Indonesia yang memiliki tutupan hutan mencapai 51,2 persen.

“Hasil pemantauan hutan Indonesia tahun 2022 menunjukkan bahwa luas lahan berhutan seluruh daratan Indonesia adalah 96 juta hektare atau 51 persen dari total daratan,” kata Plt Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ruandha Agung Sugardiman, Senin, 26 Juni 2023.

Pemantauan ini dilakukan menggunakan data utama citra satelit landsat yang disediakan Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (OR-PA) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan diidentifikasi secara visual oleh tenaga teknis penafsir KLHK yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berdasarkan data pemantauan tersebut terungkap tutupan hutan Indonesia yang ada di kawasan hutan mencapai 88,2 juta hektare. Rinciannya, seluas 82,5 juta hektare ada di di kawasan hutan tetap dan 5,7 juta hektare ada di kawasan hutan produksi yang dapat di konversi (HPK).

Lebih rinci lagi, dari 88,2 juta hektare hutan yang ada di kawasan hutan tetap, seluas 42,6 juta hektare berupa hutan primer, seluas 35 juta berupa hutan sekunder, dan 4,8 juta hektare berupa hutan tanaman.

Di kawasan HPK, dari 5,7 juta hektare hutan, seluas 2,3 juta hektare berupa hutan primer, seluas 3,3 juta hektare berupa hutan sekunder, dan 670 ribu hektare berupa hutan tanaman.

Selain di kaawasan hutan, tutupan hutan juga terpantau ada di luar kawasan hutan atau Areal Penggunaan Lain (APL). Berdasarkan pemantauan, luas hutan yang ada di APL mencapai 7,6 juta hektare.

Rincian tutupan hutan yang ada di APL adalah seluas 1,6 juta hektare berupa hutan primer, seluas 5,4 juta hektare berupa hutan sekunder, dan 545 ribu hektare berupa hutan tanaman.

Jika di kalkulasi secara keseluruhan di kawasan hutan dan maupun APL, maka luas tutupan hutan primer mencapai 46,4 juta hektare, luas hutan sekunder seluas 43,8 juta hektare dan hutan tanaman seluas 5,4 juta hektare (lihat gambar untuk detil).

Direktur Investasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan KLHK Belinda A. Margono menyatakan dari pemantauan tersebut terlihat bahwa Indonesia masih memiliki tutupan hutan yang luas.

“Jadi tidak benar hutan kita sudah habis. Di luar kawasan pun hutan masih ada tapi memang dominasi ada di dalam kawasan hutan,” tegasnya. ***

More Articles