Kamis, 25 April 2024

Akademisi Kehutanan: Tanam 50 Persen Pohon Endemik Kalimantan di IKN

Latest

- Advertisement -spot_img

Ketua Forum Pimpinan Lembaga Pendidikan Tinggi Kehutanan Indonesia (FOReTIKA) Naresworo Nugroho memberi masukan terkait rehabilitasi hutan untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut dia rencana rehabilitasi sistem cluster endemik Indonesia bisa mendukung perwujudan konsep forest city di IKN.

“Penerapan konsep ini idealnya 50% porsi tanamannya asli dari Kalimantan,” katanya.

Selain itu, pola tanamnya dapat menerapkan sistem silvikultur melalui kolaborasi K/L dan swasta.

Dia menekankan hal penting yaitu pendekatan aspek sosial, dan partisipasi masyarakat. Dengan begitu, pada prinsipnya membangun kembali hutan alam, berbasis kearifan lokal.

“Kami juga melihat IKN ini akan menjadi laboratorium lapang yang sangat besar. Kami berharap dapat terlibat dalam memanfaatkan dan kolaborasi sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi,” ungkapnya pada Diskusi Langkah-langkah Operasional Penerapan Forest City IKN, yang digelar di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa 22 Maret 2022.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan pemerintah berkomitmen untuk mengawali pembangunan IKN Nusantara dengan merehabilitasi hutan yang ada, sebagai bagian upaya memulihkan hutan alam Indonesia.

“Dalam suasana itu, menjadi sangat penting kehadiran bersama para akademisi dan praktisi komunikasi publik,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya.

Menteri Siti meyakini bahwa dengan melibatkan akademisi, akan banyak didapat novelty baru keilmuan dalam rumpun ilmu Kehutanan maupun Ilmu Lingkungan. ***

More Articles