Senin, 15 Juli 2024

Selamat! SIPUHH Raih Penghargaan Layanan Publik, Sekjen KLHK: Kunci Bisnis Kehutanan

Latest

- Advertisement -spot_img

Sistem Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SIPUHH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil meraih penghargaan TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik berupa Outstanding Achievement of Public Service Innovation (OAPSI) Tahun 2022 untuk kategori khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono, mewakili Menteri LHK Siti Nurbaya, menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas pada acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Selasa, 6 Desember 2022.

Tahun ini, KemenPANRB kembali membuka Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 untuk kategori Umum dan Khusus.

Kategori Khusus dalam KIPP Tahun 2022 merupakan ajang kompetisi yang diikuti oleh inovator-inovator yang telah meraih Top Inovasi Terpuji tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai Inovasi yang telah meraih Top Inovasi Terpuji Tahun 2017 (Top 40/2017), SIPUHH menjadi salah satu wakil inovasi kategori Khusus dari Kementerian LHK.

SIPUHH hadir sebagai inovasi untuk memangkas birokrasi sekaligus sebagai alat kendali untuk mendorong dunia usaha kehutanan menjadi efisien, tertib dan taat aturan.

Sekjen KLHK Bambang Hendroyono mengatakan sejak kehadirannya pada 1 Januari 2016, SIPUHH telah memfasilitasi seluruh pelaksana kegiatan pemanfaatan hasil hutan dari pemegang izin konsesi/pengelola hutan di hulu hingga pelaku usaha pengolahan hasil hutan di hilir.

Dalam perkembangannya, SIPUHH telah menjadi bagian penting serta kebutuhan dalam bisnis proses pemanfaatan hasil hutan.

“SIPUHH telah menjadi urat nadi yang menjadi kunci berlangsungnya kegiatan bisnis usaha kehutanan sekaligus menjadi kunci penerimaan PNBP dari sektor kehutanan,” ujarnya. ***

More Articles