Jumat, 12 Juli 2024

Nilai Transaksi Usaha Perhutanan Sosial Tembus Triliunan, Target Tahun Ini Meningkat

Latest

- Advertisement -spot_img

Siapa sangka, Nilai Transaksi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) tembus angka triliunan Rupiah.

Pada tahun 2023, nilai transaksi ekonomi KUPS yang tercatat melalui Sistem Informasi GoKUPS mencapai Rp1,13 triliun atau sekitar 102,7% dari target yang ditetapkan sebesar Rp. 1 Triliun. Pada Tahun 2024 ini target nilai ekonomi tersebut semakin ditingkatkan menjadi sebesar Rp1,5 Triliun.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan, saat ini telah terbentuk 13.460 KUPS yang sudah melakukan pengelolaan dan usaha pemanfaatan hutan berdasarkan potensi hutannya.

“Capaian ini cukup menggembirakan, dan harus terus kita dorong untuk dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi nasional, dan khususnya bisa membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi wilayah atau di desa,” kata Menteri Siti saat Workshop Sinergi Perhutanan Sosial bertajuk “Mewujudkan Keadilan Pengelolaan Lahan kepada Masyarakat” di Jakarta, Kamis, 20 Juni 2024.

Selain nilai transaksi, dampak ekonomi masyarakat kelompok Perhutanan Sosial juga berdampak pada desa dan skala regional, ditandai dengan adanya peningkatan Indeks Desa Mandiri (IDM) pada desa-desa yang ada persetujuan Perhutanan Sosial.

IDM yang terpantau sejak tahun 2016 sampai dengan 2023, menunjukkan adanya peningkatan status dari sangat tertinggal pada 2.193 desa dan di tahun 2023 berkurang menjadi 189 desa. Untuk desa mandiri, dari 33 desa di tahun 2016, meningkat menjadi sebanyak 1.803 desa.

Beberapa kajian dampak perhutanan sosial juga telah dilakukan antara lain oleh tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Lampung, IPB, dan kajian oleh Katadata secara nasional.

_________

Kajian-kajian dampak tersebut, telah menunjukan dampak nyata perhutanan sosial baik aspek ekonomi, ekologi dan sosial, seperti peningkatan pendapatan, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan tutupan lahan.

Pemerintah menargetkan luas Perhutanan Sosial mencapai 12,7 juta hektare. Hingga akhir tahun 2024, penyelesaian Perhutanan Sosial diproyeksi seluas 8 juta hektare. Saat ini luas Perhutanan Sosial telah mencapai lebih dari 7,08 juta hektare. ***

More Articles