Senin, 15 Juli 2024

MUTU International Terima Akreditasi COC IFCC-PEFC, Skema Sertifikasi Kayu Terbesar di Dunia

Latest

- Advertisement -spot_img

Lembaga audit MUTU International menerima sertifikat Akreditasi Chain of Custody (COC) IFCC/PEFC dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

“Selanjutnya, MUTU Intenational juga dalam proses memperoleh Akreditasi skema SFM-IFCC yang ditargetkan untuk dicapai pada Semester I tahun 2023,” demikian keterangan yang dikutip forestinsights.id, Jumat, 3 Februari 2023.

Penyerahan Akreditasi COC IFCC/PEFC dari KAN kepada Mutu International dilakukan pada Selasa, 31 Januari 2023.

Akreditasi diserahkan oleh Ketua KAN Kukuh S. Achmad kepada Presiden Direktur MUTU International Arifin Lambaga.

Pada saat itu juga dilakukan penyerahan sertifikat Kegiatan COC IFCC/PEFC dari MUTU International kepada PT Korindo Abadi.

Selain itu ada juga sesi pemaparan dan diskusi terkait prospek produk bersertifikat IFCC/PEFC dan perannya di pasar internasional oleh Anggota Board of Director PEFC International Drajad Hari Wibowo.

Acara tersebut juga dihadiri perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta perwakilan dari beberapa asosiasi terkait sertifikasi hutan berkelanjutan seperti Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), Asosiasi Panel Kayu Indonesia (APKINDO), Asosiasi Pulp dan Kertan Indonesia (APKI), DAN Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMK).

Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) merupakan sistem sertifikasi hutan dan produk hasil hutan terbesar di dunia yang diselenggarakan di Indonesia oleh Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC).

Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC) adalah suatu organisasi nirlaba yang didirikan pada tanggal 9 September 2011. IFCC bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan pengelolaan hutan lestari di Indonesia, melalui penerapan sertifikasi kehutanan yang memenuhi tolak ukur pengelolaan hutan lestari PEFC.

Standar pengelolaan hutan lestari IFCC disahkan oleh PEFC. IFCC telah secara resmi menjadi National Governing Body PEFC di Indonesia sejak November 2012, pada 1 Oktober 2014 skema sertifikasi IFCC telah secara resmi mendapatkan endorsement dari PEFC Council.

IFCC/PEFC bekerja melalui sistem sertifikasi hutan nasional, memungkinkan negara-negara menyesuaikan persyaratan pengelolaan hutan lestari mereka. IFCC memiliki dua skema utama yaitu skema Sustainable Forest Management (SFM-IFCC) dan Chain of Custody (COC-IFCC).

Sertifikasi SFM-IFCC yaitu sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari pada PBPH Hutan Alam dan Hutan Tanaman, Hutan Masyarakat, dan tree outside forest (sektor hulu) untuk pemastian kelestarian bahan baku kayu.

Adapun COC-IFCC yaitu sertifikasi bagi industri produk kehutanan untuk kepastian kelestarian bahan baku yang digunakan untuk menghasilkan produk kayu.

“Sebagai salah satu perusahaan jasa TIC dalam bidang hutan dan produk hasil hutan di Indonesia, MUTU International berkomitmen untuk terus berkembang dengan menambahkan skema-skema sertifikasi untuk menjawab tantangan global dalam bidang sertifikasi terutama sertifikasi hutan dan produk hasil hutan,” demikian keterangan itu. ***

More Articles