Kamis, 25 April 2024

Meriahkan HUT RI, Harteknas, dan HUT BPPPT, 200-an Teknolog Ikuti Fun Walk

Latest

- Advertisement -spot_img

Cuaca cerah di Minggu pagi Gelanggang Olah Raga Bung Karno, Jakarta, 21 Agustus 2022, semakin meriah dengan kehadiran sekitar 200-an para teknolog, perekayasa dan inovator BPPT berseragam kaos berwarna biru langit, menggelar acara Fun Walk Keluarga Besar Forum Komunikasi BPPT 2022.

Acara yang digelar untuk ikut memeriahkan HUT RI Ke-77 itu juga untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 10 Agustus 2022 dan hari berdirinya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 

Kegiatan diawali dengan Senam Bio-Energy Power (BEP) dipimpin Adi Sasitiwarih, pakar Radarsat BPPT yang saat ini berkecimpung di Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia (KORMI). 

Selain kegiatan jalan santai keliling Kompleks Gelora Bung Karno, juga dilaksanakan Senam Poco-Poco dan Senam Maumere oleh seluruh peserta Fun Walk. 

Tampak hadir pada kegiatan olah raga ini, antara lain,  Mantan Menteri Ristek & Kepala BPPT, Rahardi Ramelan, Mantan Menko Kemaritiman & Profesor Riset BPPT, Indroyono Soesilo, Mantan Kepala BPPT yang saat ini menjabat Rektor Institut Teknologi Indonesia (ITI), Marzan Azis Iskandar.

Hadir juga Mantan Kepala BPPT yang saat ini menjabat Guru Besar Universitas Syah Kuala-Banda Aceh, Hammam Riza, Mantan Kepala LIPI yang juga Mantan Direktur BPPT, Lukman Hakim, Ahli Gambut yang mantan Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Bambang Setiadi, Mantan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) yang juga ahli iklim, Asep Karsidi, serta para teknolog ahli pesawat terbang, ahli perkapalan, ahli kereta api, ahli energi, ahli sumberdaya alam dan lain lain. 

Pada kesempatan ini, telah diluncurkan pula Buku ‘Inovasi Tiada Henti’ yang dirangkum oleh Professor Hammam Riza.

BPPT berdiri melalui Keppres No.25/Th.1978,  pada 21 Agustus 1978,  guna menyiapkan Indonesia menuju Negara Industri pada Abad Ke-21, dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Selama 20  tahun, BPPT dipimpin Profesor BJ Habibie yang kelak kemudian  hari menjadi Presiden RI Ketiga. 

Beragam karya iptek para ahli BPPT telah disumbangkan kepada Bangsa, antara lain pesawat N-250 Gatotkoco, Kapal Layar Modern Maruta Jaya, Kapal Angkut Caraka Jaya, Beragam Desain Jembatan Antar Pulau Batam-Rempang-Galang, desain Mass Rapid Trransport  Jakarta, pembangkit listrik energi panas bumi-Lahendong, Sulut,  Survey Landas Kontinen Baruna Jaya, Operasi Hujan Buatan, Prediksi El Nino dan La Nina melalui pola Arus Lintas Indonesia (Arlindo), pembuatan prototipe Lab. Uji Virus Covid BSL Level 3 dan masih banyak lagi. 

Hingga tahun 2021, para ahli BPPT tengah menyelesaikan rancang bangun pesawat N-219 Nurtanio, Pesawat tanpa awak Elang Hitam, Bouy Tsunami Early Warning System (INA TEWS) dan teknologi Industri garam. 

Selama pengabdiannya yang lebih 40 tahun, BPPT juga dikenal sebagai lembaga yang mengirimkan ribuan pemuda-pemudi Indonesia ke mancanegara untuk studi bidang iptek dan industri guna mendukung pembangunan di tanah air. 

Saat ini, program pengirim putra-putri unggul Indonesia untuk studi ke luar negeri ini dilanjutkan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Sejak 2021, BPPT telah dilebur kedalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).***

More Articles