Jumat, 24 Mei 2024

KLHK Kebut Rehabilitasi Mangrove, Gelar Penanaman Serentak Se-Indonesia

Latest

- Advertisement -spot_img

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan percepatan rehabilitasi mangrove dengan menggelar penanaman serentak di 25 lokasi di seluruh Indonesia.

“Untuk kali ini penanamannya direncanakan hari Kamis, 25 April 2024 dan dalam kesempatan ini tentunya karena kita ingin menunjukkan bahwa komitmen pemerintah dalam mengendalikan perubahan iklim dan aksi nyata yang sangat terlihat jelas adalah kegiatan penanaman pohon,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) KLHK Bambang Hendroyono, Selasa, 22 April 2024.

Penanaman akan diadakan 25 titik yang tersebar di 23 provinsi dengan ekosistem mangrove, dengan penanaman utama juga dilakukan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Kawasan Ekowisata Mangrove, Jakarta Utara.

Bambang menjelaskan, bahwa penanaman pohon serentak telah beberapa kali dilakukan oleh jajaran KLHK, dengan yang terbaru adalah penanaman pohon serentak dalam rangka Hari Lahan Basah Sedunia pada 7 Februari 2024 dan Hari Bakti Rimbawan pada 7 Maret 2024.

Penanaman serentak itu juga melibatkan kementerian/lembaga lain seperti Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), pemerintah daerah dan komunitas yang peduli lingkungan.

“Aksi penanaman mangrove ini merupakan kolaborasi dan semangat kerjasama semua pihak sebagai upaya konkrit dan strategis dalam mengatasi triple planetary crisis, yaitu perubahan iklim, polusi udara, serta ancaman kehilangan keanekaragaman hayati,” kata Bambang.

Penanaman mangrove serentak juga menjadi bagian dari komitmen Indonesia kepada dunia terkait penurunan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lainnya melalui Indonesia’s FOLU Net Sink 2030.

_________

“Saat musim hujan akan selesai kita masih terus menggerakkan penanaman di seluruh ekosistem,” tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan melakukan rehabilitasi mangrove seluas 600.000 hektare lewat BRGM selain upaya yang dilakukan oleh KLHK. Rehabilitasi dilakukan di sembilan provinsi yang menjadi wilayah kerja BRGM yaitu Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua dan Papua Barat. ***

More Articles