Senin, 15 Juli 2024

Fahutan IPB-KLHK Teken Perjanjian Kerja Sama, Perkuat Fungsi Konservasi

Latest

- Advertisement -spot_img

Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Kerja sama tersebut dijalin untuk penguatan fungsi kawasan dan konservasi keanekaragaman hayati secara berkelanjutan di lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Ditjen KSDAE.

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Dr Naresworo Nugroho selaku Dekan Fahutan IPB University dan Dirjen KSDAE, Prof Satyawan Pudyatmoko. PKS tersebut merupakan tindak lanjut pelaksanaan dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Jenderal KLHK RI dengan Rektor IPB University pada 2020 lalu, berlaku selama lima tahun.

“Tujuan PKS ini adalah dalam rangka sinergi pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan melalui upaya penguatan fungsi kawasan konservasi dan peningkatan efektifitas program konservasi SDA hayati dan ekosistemnya secara berkelanjutan,” ujar Dr Naresworo dikutip dari laman IPB, Kamis 27 Juli 2023.

Kelima UPT tersebut antara lain Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jambi, Balai Taman Nasional Way Kambas, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Balai Taman Nasional Ujung Kulon.

Kerja sama tersebut juga menjadi bagian dari dukungan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini juga dibahas agenda penguatan kerja sama khusus antara Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE), Fahutan IPB University dan tiga taman nasional di lingkup Ditjen KSDAE (Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Balai Taman Nasional Way Kambas).

Kerja sama tersebut terkait rencana implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam kerangka Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) melalui pelaksanaan praktik bersama hidupan liar dan praktik bersama manajemen kawasan konservasi, ekowisata dan jasa lingkungan di ketiga taman nasional mitra.

Di akhir pertemuan ini, kedua pihak menyampaikan komitmen bersama terkait berbagai program kerja sama saat ini dan di masa mendatang dalam rangka penguatan fungsi kawasan dan konservasi sumber daya alam hayati secara berkelanjutan demi mencapai Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Indonesia Emas 2045 dan Indonesia Net Zero Emission 2060. ***

More Articles