Senin, 17 Juni 2024

Dukung Implementasi FOLU Net Sink, KLHK-USDA Forest Service Jalin Kerja Sama

Latest

- Advertisement -spot_img

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggandeng (KLHK) menjalin kerja sama dengan the United States Department of Agriculture (USDA) Forest Service untuk memperkuat dukungan dalam implementasi agenda Indonesia’s FOLU Net Sink 2030.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan USDA Forest Service Chief, Randy Moore, di Jakarta, Selasa, 23 Januari 2023.

“Saya percaya bahwa kerja sama melalui kemitraan ini akan semakin kuat karena didasarkan pada bukti-bukti yang terukur, berdasarkan prinsip kedaulatan, saling menghormati, saling percaya, dan saling menguntungkan,” ujar Menteri Siti dalam sambutannya usai penandatanganan MoU.

_________

Lebih lanjut, Menteri Siti mengatakan melalui Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030, Indonesia bertekad untuk bekerja, menjadi contoh, dan mendukung pencapaian komitmen iklim global dan nasional negara ini. Dengan melakukan hal tersebut, Indonesia juga dapat memastikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

“Oleh karena itu, MoU ini merupakan sebuah tonggak penting dalam rencana operasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030,” ujarnya.

Menteri Siti juga menyatakan kerja sama jangka panjang antara kedua belah pihak akan memperkuat upaya-upaya yang sedang berjalan dalam pengelolaan hutan multi-guna, dengan potensi penekanan khusus pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan hutan lestari; sistem perencanaan hutan; jasa penyuluhan hutan; penegakan hukum, khususnya untuk mendukung akademi polisi hutan Indonesia; serta kemampuan teknis pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Pada kesempatan itu, Randy Moore mengatakan MoU ini memperkuat landasan yang sudah dimiliki kedua belah pihak.

“Dan ini adalah kesempatan bagi kita untuk bekerja sama mengatasi tantangan perubahan iklim secara global. Indonesia memegang peranan yang sangat penting dalam isu ini di seluruh dunia,” katanya.

Oleh karena itu, Ia berharap hubungan dan persahabatan yang terjalin dengan Indonesia adalah hubungan yang dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Menteri Siti, Indonesia mampu berperan sebagai pemimpin global dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan. ***

More Articles