Senin, 15 Juli 2024

APP Sinar Mas Dukung Mitigasi Konflik Satwa Liar di Padang Sugihan, Pasang GPS Collar untuk Gajah

Latest

- Advertisement -spot_img

APP Sinar Mas memberikan dukungan pemulihan ekosistem dan mitigasi konflik di suaka margasatwa Padang Sugihan, Sumatera Selatan.

Dukungan yang diberikan diantaranya melalui pemasangan GPS Collar untuk gajah liar serta pembentukan Desa Mandiri Konflik.

“Mitigasi konflik manusia dan gajah ini penting sekali dilakukan dengan penggunaan teknologi GPS Collar guna pemantauan populasi Gajah Sumatera pada berbagai kelompok lebih akurat. Ke depan, konflik gajah dan manusia harus bisa dikelola dengan baik dan berkurang signifikan,” ujar Sekretaris Jenderal sekaligus Plt. Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Bambang Hendroyono saat berkunjung Suaka Margasatwa Padang Sugihan, Minggu, 19 Maret 2023

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat progres kerjasama dan kesiapsiagaan penanggulangan potensi kebakaran. Pada kunjungan tersebut dilakukan juga serah terima 1 unit GPS Collar untuk Gajah Sumatera liar dari APP Sinar Mas kepada BKSDA Sumatera Selatan.

Penyerahan GPS Collar merupakan bagian dari kerjasama, antara Balai KSDA Sumatera Selatan dengan PT OKI Pulp & Paper Mills.

Kegiatan ini melengkapi kalung GPS yang sudah dipasangkan pada dua kelompok gajah di kantong habitat Air Sugihan pada Mei 2022 lalu.

Kunjungan ini juga memastikan keberadaan petugas di lapangan melalui pelaksanaan RBM di Balai KSDA Sumsel terus berjalan dan ditingkatkan teknologi dan inovasi dalam kelola kawasan dan biodiversity khususnya dalam penanganan gajah liar dan pencegahan terjadinya kebakaran lahan gambut yang berulang di SM Padang Sugihan.

Sementara itu, Chief Sustainability Officer APP Sinar Mas, Elim Sritaba menyampaikan bahwa kedepannya, APP Sinar Mas akan terus mendukung pemasangan GPS Collar untuk kelompok gajah lain di wilayah tersebut.

Pemasangan GPS Collar yang sudah dilakukan pada dua kelompok gajah liar yang berbeda ini untuk mitigasi konflik antara manusia dan satwa gajah terutama masyarakat disekitar yang terdampak, serta pemantauan pergerakan satwa dilindungi tersebut secara real time untuk memastikan keamanannya.

Disamping itu, APP Sinar Mas juga akan memberikan dukungan kepada BKSDA Sumsel dalam program pembentukan Desa Mandiri Konflik di wilayah penyangga SM Padang Sugihan.

Pemasangan GPS Collar terhadap satwa yang dilindungi menjadi teknologi baru yang digunakan di seluruh dunia. GPS Collar yang dipasangkan pada gajah, baterainya didesain bertahan hingga 3 tahun.

GPS Collar sebelumnya dipasangkan pada Meilani (40) dan Meisi (30) yang merupakan gajah betina dominan di kelompoknya.

Pemasangan GPS Collar ini selain dilakukan pada pimpinan gajah di kelompoknya juga disyaratkan gajah betina sudah berusia di atas 25 tahun dan sedang tidak dalam kondisi hamil. Upaya ini merupakan bagian dari kegiatan mitigasi penanggulangan human-wildlife conflict. ***

More Articles