Kamis, 25 April 2024

APP Forestry Gandeng BRIN, Tingkatkan Produktivitas HTI Eukaliptus

Latest

- Advertisement -spot_img

APP Forestry melalui unit usahanya di Regional Riau yang bergerak dibidang Hutan Tanaman Industri (HTI) PT. Arara Abadi menjalin kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) cq Pusat Riset Zoologi Terapan Organisasi Riset Hayati untuk pengendalian hama pada tanaman HUtan Tanaman Industri (HTI) eukaliptus sehingga bisa meningkatkan produktivitasnya.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Direktur PT. Arara Abadi Edie Haris MZ dengan Kepala Pusat Riset Zoologi Terapan Organisasi Riset Hayati BRIN Dr Evy Ayu Arida Tentang Eksplorasi, Seleksi, Pengembangan, Dan Pemanfaatan Parasitoid dan Mikroba Etamopatogen untuk Pengendalian
Hama Daun pada Tanaman Eukaliptus, di Pekanbaru, Riau, Rabu, 22 November 2023.

Edi Haris sangat berterima kasih kepada BRIN yang telah melakukan MOU dengan perusahaan yang dipimpinnya. “Ke depan kita berharap kerja sama ini bisa lebih ditingkatkan terutama dalam hal pengendalian hama daun tanaman Ekaliptus,” ujarnya.

_________

Sementara Evy Ayu Arida kerja sama ini adalah kerja sama yang ke 3 dengan PT Arara Abadi. “Mudah-mudahan kerja sama kedepan bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bersama dan dapat memberikan nilai positif kepada para pihak,” harapnya.

Dalam catatan forestinsights.id, Arara Abadi sebelumnya memang telah menjalin beberapa kerja sama dengan BRIN. Diantaranya dengan Pusat Riset Mikrobiologi Terapan BRIN untuk meriset studi keragaman hama dan patogen pada tanaman industri yakni ekaliptus.

Selain itu, kegiatan riset juga diarahkan dalam melakukan evaluasi keragaman genetik dari tanaman tersebut terutama klon yang tahan terhadap hama dan patogen. ***

More Articles