Senin, 15 Juli 2024

Sampoerna Kayoe Kembangkan Ekowisata di Jawa Tengah, Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal

Latest

- Advertisement -spot_img

Produsen kayu olahan PT Sumber Graha Sejahtera (Sampoerna Kayoe) mengembangkan objek wisata lingkungan atau ekowisata (ecotourism) di kawasan Agrowisata Kuncen, Desa Polobogo Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Direktur Komersial Sampoerna Kayoe Edward Tombokan mengatakan, langkah tersebut merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi petani lokal, dan melestarikan lingkungan.

“Kami berharap program ekowisata ini akan bermanfaat untuk aspek konservasi, pemberdayaan, dan pendidikan lingkungan,” katanya dalam keterangan yang dikutip, Selasa 20 Juni 2023.

Pengembangan ekosiwata di Kabupaten Semarang, katanya lagi, merupakan yang kedua setelah di Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo, Jambi yang diresmikan pada 7 Juni 2023.

Sedangkan objek wisata lingkungan di kawasan Agrowisata Kuncen, Kabupaten Semarang diresmikan pada 16 Juni 2023.

Selain pembangunan objek wisata ramah lingkungan, juga dilakukan pembagian berbagai jenis bibit tanaman Multipurpose Tree Species (MPTS) seperti suren, alpukat, dan pinus sebanyak 750 bibit.

Tujuan dari pembagian bibit ini adalah untuk mendukung penanaman pohon yang beragam dan berguna.

Kemudian alat-alat pertanian seperti alat potong rumput dan sprayer elektrik sebanyak 7 set kepada kelompok tani hutan rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan penerapan pengelolaan hutan secara lestari di area bernilai konservasi tinggi.

Acara peresmian ekowisata tersebut ini dihadiri oleh Perwakilan Bupati Kabupaten Semarang, Perwakilan Kepala Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Cabang Dinas Kehutanan Provinsin Jawa Tengah Wilayah III, Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Wilayah Ungaran, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Pemali Jratun, Para Kelompok Tani, dan management Sampoerna Kayoe.

Rangkaian acara tersebut mencakup pemotongan pita peresmian Ecotourism “Pondok Kayoe’’, penyerahan alat pertanian secara simbolis, serta penjelasan mengenai inisasi Ecotourism.

Untuk ke depannya semoga Ecotourism dan program ini dapat menjadi inspirasi berkelanjutan, magnet wisata alam yang baru bagi masyarakat sekitar, dan digunakan sebaik mungkin untuk seluruh masyarakat Jawa Tengah.

Edward menyatakan sesuai dengan tagline terbaru Sampoerna Kayoe “Sustainable Tomorrow Starts Today” Sampoerna Kayoe percaya bahwa apapun yang dilakukan hari ini akan menentukan hari esok. ***

More Articles