Kamis, 25 April 2024

Menteri LHK Ajak Rimbawan Rimbawan Dukung Sukses Presidensi Indonesia G20 Tahun 2022

Latest

- Advertisement -spot_img

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengajak seluruh rimbawan baik di Kementerian LHK, pemerintah daerah, bisnis leaders dan para aktivis, para pemangku kepentingan yang ada dan seluruh masyarakat, untuk dapat bersama bahu-membahu memberikan kontribusi pemikiran ataupun kegiatan nyata di lapangan, di masing-masing area of interest atau responsibility, untuk menyukseskan Presidensi G20 Indonesia.

Hal ini disampaikan Menteri Siti saat memimpin upacara Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-39 tahun 2022 dengan mengusung tema “Rimbawan Menjaga Lingkungan, Mendukung Sukses Presidensi G20 Indonesia.

“Tema ini mengandung makna reflektif atau evaluasi atas apa yang telah kita lakukan bersama sebagai Rimbawan, sekaligus komitmen untuk memberi kontribusi dalam mendukung suksesnya Presidensi Indonesia dalam G20 tahun 2022,” kata Menteri Siti di Plaza Manggala Wanabakti, pada Rabu 16 Maret 2022.

Pada tahun 2022, Indonesia memimpin Forum G20; dengan Presidensi G20 Indonesia.

Spirit yang dibawa dalam Presidensi G20 tahun 2022 ini ialah “Recover together, recover stronger”. Artinya, merupakan kesempatan untuk G20 di Bali nanti Indonesia dapat menjadi sumber inspirasi dan dapat menjadi role model bagi negara-negara anggota dan dunia secara umum.

“Bahwa kita mampu menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan bahwa terdapat keseimbangan peran antar berbagai negara dalam tujuan mulia melindungi bumi dan manusia dengan menjaga turunnya suhu bumi 2 derajat Celsius bahkan diupayakan hingga 1,5 derajat Celsius. Indonesia kita punya peluang untuk memberikan contoh-contoh yang baik dan kerja serius dalam pengendalian perubahan iklim,” ungkapnya.

Untuk diketahui, aliran kerja (wokstreams) G20 berlangsung melalui dual-track (Finance track and Sherpa Track), dimana di dalam sherpa track akan terdiri 11 working groups (KLHK bergabung di Environment and Climate Sustainability) dan 10 engagement groups yaitu Bisnis (B20), Wanita (W20), Generasi Muda (Y20), dan lain-lain, yang akan bertemu mendiskusikan dan memberikan rekomendasi bagi para pemimpin G20 terkait agenda dan prioritas G20. ***

More Articles