Kamis, 25 April 2024

Menteri ATR Berkunjung ke Museum Soesilo Soedarman, Pesan Hormat pada Sosok Penuh Pengabdian

Latest

- Advertisement -spot_img

Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional, ATR/BPN, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto berkunjung ke Museum Soesilo Soedarman di Desa Gentasari, Cilacap Jawa Tengah, Jumat 3 Februari 2023.

“Saya mengenal Pak Soesilo karena pada tahun 1973 Beliau yang mendatangkan Pesawat-Pesawat Tempur T-33/Bird TNI-AU dari AS, juga saat Komando Wilayah Pertahanan-I (Kowilhan-I), yang Panglima terakhirnya, Letjen Soesilo Soedarman, diliquidasi pada 1985, maka saat saya menjabat Panglima TNI, Kowilhan dibentuk kembali sebagai Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) yang merupakan kekuatan wilayah pertahanan dari TNI-AD, AL dan AU,” kata Hadi.

“Kebetulan kakek saya juga berasal dari wilayah Banyumas ini,” tambah Mantan KSAU dan Mantan Panglima TNI ini saat mengunjungi ke satu satunya Museum di Kabupaten Cilacap ini.

Ketua Dewan Kurator Museum Soesilo Soedarman, Dr. Indroyono Soesilo menerangkan bahwa Almarhum Jenderal (Purn) Soesilo Soedarman (1928-1997) telah mengabdikan 52 tahun hidupnya  kepada bangsa dan negara.

Mulai dari taruna Akademi Militer Yogya, sebagai pasukan gerilya, komandan lapangan, pendidik, Atase Pertahanan RI, Penugasan di Markas Besar ABRI, Panglima Komando Wilayah Pertahanan I, Duta Besar RI di Amerika Serikat, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi, serta Menko Polkam RI.

Perjalanan pengabdian Jenderal Soesilo Soedarman semasa hidupnya diabadikan di Museum, di  ruang TNI AD, TNI AL, TNI AU dan ruang POLRI.

Kepada Menteri ATR/BPN, yang pernah menjabat KSAU, Indroyono menceritakan peran Jenderal Soesilo Soedarman saat menyiapkan Program Peace Pony untuk meng-upgrade  Pesawat Pesawat P-51 Mustang TNI AU dan pengadaan pesawat P-51 Mustang D dari AS, kurun 1970-1973. 

Juga saat Soesilo Soedarman menyiapkan Program Peace Modern Project, atau Operasi Cakar Garuda, untuk mendatangkan 19 pesawat T-33/Bird TNI AU dari AS, tahun 1973. 

Berbagai program TNI-AU yang berkaitan dengan Soesilo Soedarman diabadikan di Museum ini,  seperti pengadaan pesawat tempur taktis OV-10 BRONCO tahun 1975-76,  Pendirian dan Pengembangan Pendidikan di AKABRI Udara kurun 1966 – 1980.

Kemudian ada juga Lomba Terjun Payung Dunia Tahun 1991 yang digelar Kementerian Pariwisata Pos & Telekomunikasi dan FASI bersama TNI-AU, di bawah pimpinan KSAU Marsekal Siboen, dalam rangka Visit Indonesia Year 1991. ***

More Articles