Senin, 15 Juli 2024

Keren! IPB Pertahankan Ranking 1 Perguruan Tinggi Terbaik bidang Pertanian dan Kehutanan Se-ASEAN

Latest

- Advertisement -spot_img

IPB University berhasil mempertahankan ranking 1 se-ASEAN sebagai perguruan tinggi terbaik bidang Pertanian dan Kehutanan (Agriculture and Forestry).

Demikian dirilis dari lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, QS World University Ranking (WUR) by Subject 2023.

IPB University juga menduduki peringkat ke-1 di kawasan Asia Tenggara, ke-8 di Asia dan ke-51 di dunia.

Universitas di Asia Tenggara yang peringkatnya berada di atas IPB adalah China Agricultral University, The University of Tokyo, Nanjing Agricultural University, Seoul National University, Tokyo University of Agricultural Technology, Kyoto University dan South Cina Agricultural University.

Peringkat ini dievaluasi dengan lima indikator yakni academic reputation, employer reputation, sitasi, h-index, dan international research networks.

“Reputasi IPB University, baik academic reputation maupun employer reputation, mengalami peningkatan,” kata Rektor IPB University, Prof Arif Satria seperti dikutip dari laman IPB, Sein 27 Maret 2023.

Menurut Arif, bahkan skor reputasi lulusan (berdasarkan survai terhadap pengguna lulusan) sangat tinggi (95.8), lebih tinggi dibandingkan Wageningen University (95.1) yang merupakan peringkat 1 pada QS Subject Ranking on Agriculture and Forestry.

Fakta ini menunjukkan kualitas pendidikan yang prima di IPB sehingga menghasilkan lulusan yang dinilai sangat baik oleh para pengguna lulusan. Reputasi IPB dibidang akademik (76.1) juga relatif lebih tinggi dibandingkan beberapa universitas ternama di dunia.

“IPB University terus secara konsisten berupaya meningkatkan kinerja riset dan international research networks, sehingga diharapkan peringkat IPB semakin meningkat ke depannya, ” ujar Arif.

Secara keseluruhan nilai (total score) IPB University di bidang Pertanian dan Kehutanan tahun ini 71.9.

Selain reputasi, terjadi juga peningkatan pada skor h_index institusi, dengan skor 72.7 yang memperlihatkan kualitas publikasi yang baik dan banyak disitasi.

“Tahun ini IPB University juga mencatatkan satu bidang keilmuan yang masuk dalam pemeringkatan, yaitu Bisnis dan Ilmu Manajemen. Kini terdapat lima bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan (Pertanian dan Kehutanan, Biologi, Ilmu Lingkungan, Ekonomi dan Ekonometrika serta Bisnis dan Ilmu Manajemen),” kata Arif. ***

More Articles