Kamis, 25 April 2024

Cara Komunitas Otomotif X-Trail Club Indonesia Ikut Dukung FOLU Net Sink 2030

Latest

- Advertisement -spot_img

Komunitas otomotif X-Trail Club Indonesia (XCI) melakukan penanaman pohon sebagai upaya mendukung pelestarian lingkungan dan mengurangi carbon footprint.

Lewat XCI Go Green yang mengusung tema “Merajut Asa di Tatar Pasundan” ditanam 1.000 pohon dengan berbagai jenis pohon yaitu Mahoni, Kopi, Kisireum, Kimenyan, Kayu Manis, Pucuk Merah dan jenis rimba campur lainnya di sekitar Situ Cisoledas daerah Pangalengan Kabupaten Bandung, Sabtu 29 Oktober 2022.

Turut hadir dalam kesempatan itu Camat Pangalengan, Pemerintah Desa Banjarsari, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bandung, PT. Perkebunan Nusantara VIII, Tokoh Masyarakat Pemuda RAKGANTANG dan Ketua Umum XCI serta 5 perwakilan Chapter XCI : Pasundan Raya, Tangerang Raya, Jakarta Raya, Bogor Raya dan D’Best (Bekasi dan Sekitarnya).

Penanaman pohon yang dilakukan juga bisa mendukung agenda pemerintah Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. INi adalah agenda untuk mencapai tingkat penyerapan gas rumah kaca (GRK) yang sudah seimbang atau lebih tinggi dibandingkan emisinya di di sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya (FOLU).

Ketua Umum XCI S.K. Mulyo menjelaskan kegiatan XCI Go Green ini akan dilakukan secara konsisten dan merata di seluruh Indonesia dari wilayah paling barat (Banda Aceh) sampai wilayah paling timur (Lombok-NTB).

Kegiatan ini akan selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait setempat yang sama-sama peduli untuk melestarikan serta menghijaukan lingkungan.

“Sampai saat ini anggota XCI sudah lebih dari 1.500 anggota yang tersebar dari 17 chapter di seluruh Indonesia. Ini potensi besar yang bisa didorong untuk gerakan menanam pohon.

Bayangkan kalau XCI secara organisasi sosial melakukan carbon footprint dengan mengalihkan pada kegiatan mayoritasnya untuk gerakan menanam pohon di setiap kegiatan baik di tingkat chapter atau pun nasional,” tambah SK Mulyo.

Sementara itu Ketua Pelaksana XCI Go Green Abah Yudi mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi melakukan kegiatan-kegiatan penanaman pohon sehingga hasilnya maksimal untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.

Saat ini TourGab XCI Go Green didukung oleh para sponsor PT. Ora Brewery Indonesia, PT. Sadamaya Graha Teknologi, PT. Jamkrida JABAR, PT. Koswara Trans Wisata, PT. JOF Metal, Toko Kopi Pangalengan, Pikiran Rakyat Group, Radio Rase 102,3 FM, Air Mineral SIERRA, Kuya 88 dan Seblak ENDORS.

“Kami juga sedang mempertimbangakan untuk melakukan program 1 anggota XCI 1 hektar lahan untuk adopsi pohon dan perawatannya. Memang belum diputuskan oleh pengurus pusat tapi ada wacana untuk penjajakan program ini,” jelas Abah Yudi.

Camat Pangalengan Hidayat Ramdhan menyambut baik program gerakan menanam pohon yang dilakukan.

“Gerakan menanam pohon ini sangat baik sebagai bukti kepedulian terhadap lingkungan. Apalagi sektor transportasi merupakan salah satu sektor yang berkontribusi terhadap emisi GRK.

Kehadiran perwakilan 5 chapter yang saat ini hadir di event touring gabungan XCI Go Green ini menunjukkan komitmen anggota XCI di daerah untuk mendukung pemerintah melalui gerakan menanam pohon,” jelas Hidayat. ***

More Articles