Minggu, 5 Februari 2023

Dukung Agenda FOLU Net Sink 2030, Indonesia Susun Standar MRV

More articles

- Advertisement -spot_img

“MRV adalah suatu sistem yang utama dalam menghubungkan aksi sub nasional dan nasional pencapaian FOLU Net Sink. Sistem MRV dalam pelaporan emisi GRK dapat mengintegrasikan pelaksanaan inventarisasi GRK secara nasional. Oleh karenanya standar merupakan suatu kebutuhan untuk mengakomodasi proses yang bersifat dinamis,” jelas Kirsfianti.

Adapun metodologi MRV yang digunakan, kata Kirsfianto, telah selaras dengan metode dari IPCC, sehingga dapat mengakomodasi partisipasi masyarakat dalam proses inventarisasi GRK secara nasional, serta menjadi alat monitoring dan evaluasi dari pencapaian level sub nasional dan nasional.

“Standar untuk FOLU Net Sink terdiri dari tahapan pengukuran, pelaporan, registri nasional, dan verifikasi,” tuturnya.

Sementara itu, informasi kehadiran standar yang sudah ada di Indonesia dalam mendukung aksi perubahan iklim di Indonesia, juga disampaikan oleh Yeri Permata Sari, Kepala Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen LHK (Pusfaster).

Beberapa standar yang tersedia antara lain yaitu, Standar perhitungan gas rumah kaca (GRK) sebanyak 9 standar, Standar untuk mendukung peningkatan cadangan karbon, yang terbagi menjadi standar di bidang rehabilitasi hutan dan lahan (RHL), standar teknik manajemen produksi dan multibisnis, standar restorasi lahan, lahan terbuka hijau, dan ekoriparian, dan standar pengendalian kebakaran hutan.***

- Advertisement -spot_img

Latest