Selasa, 6 Desember 2022

Analisis Potensi Ekonomi Pengembangan Komoditas Kapulaga Berbasis Agroforestri Integratif di Area Kerja APHI

More articles

- Advertisement -spot_img

Oleh : Ahmad Luthfi Syauqi, Mochammad Hilal Rizki, dan Waya Santika (Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM)

A. Stigma Pemanfaatan Produk Hasil Hutan

Semakin sering munculnya pemberitaan bahwa luasan hutan Indonesia yang terus berkurang memberikan stigma kepada masyarakat bahwa pemanfaatan hasil hutan belum terencana secara optimal. Salah satu pakar kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Mohammad Na’iem melalui di resmi UGM mengatakan bahwa pembangunan sektor kehutanan di Indonesia belum mampu untuk mengapresiasi pemanfaatan hutan tropis sehingga berdampak pada rendahnya nilai tambah dari produk kehutanan.

Pada dasarnya, sumber daya hutan memiliki peran dan fungsi strategis dalam pembangunan ekosistem, lingkungan maupun ekonomi. Keberlanjutan industri kehutanan tidak lepas dari faktor penting keberlanjutan pasokan kayu. Efisiensi proses produksi tidak hanya di hutan alam namun juga di kawasan hutan tanaman.

Akan tetapi, menurut Direktorat Jenderal Bina Produksi Kehutanan dalam Siregar (2004), sejak tahun 2002 peran hutan tanaman di Indonesia relatif rendah. Hal tersebut yang hingga sekarang masih menjadi problem yang harus diselesaikan. Karena akan berdampak pada pasokan kayu dan juga sektor ekspor kayu di kancah internasional. Dampaknya bahkan sudah pernah dirasakan pada rentang tahun 1995 hingga 2002, penurunan pasokan kayu bulat mencapai angka 13,6 % (Siregar, 2004).

Ironisnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengartikan bahwa hutan adalah kawasan yang dimanfaatkan sebagai produksi kayu. Memang tidak salah ketika membicarakan hutan maka akan mengarah kepada bagaimana memanfaatkan hasil hutan kayu. Namun, dalam usaha untuk mewujudkan pembangunan sektor kehutanan yang berkelanjutan dan berdaya saing, paradigma tersebut perlu dirubah. Sektor kehutanan tidak hanya sebagai penghasil kayu saja, namun juga dapat menghasilkan berbagai sumber daya non kayu.

- Advertisement -spot_img

Latest